10 Manfaat Susu Kambing Murni, Baik untuk Pencernaan! di tasikmalaya

Anda mungkin pernah melihat daging kambing diolah di mana-mana. Tapi, sadarkah Anda bahwa selain lezatnya daging dan nikmatnya susu yang berasal dari hewan juga tak kalah nikmatnya untuk diminum. Tak hanya soal rasa, nilai gizi dan kandungan susu murni kambing bisa menjadi pengganti susu sapi maupun nabati.

 

Susu kambing memiliki kandungan protein, kalsium dan nutrisi penting lainnya yang lebih tinggi bagi tubuh dibandingkan susu sapi yang biasa dikonsumsi. Mengutip laporan Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), berikut ulasan kandungan nutrisi dalam satu cangkir (237 ml) susu kambing versus susu sapi.

 

Menurut penelitian, perbandingan susu kambing dan sapi jelas menunjukkan bahwa kandungan kalsium, protein magnesium, fosfor, magnesium dan kalium pada susu kambing lebih tinggi dibandingkan susu sapi. Selain itu, kelebihan susu kambing adalah pilihan yang baik untuk pencernaan manusia, lebih mudah dicerna dan memiliki lebih banyak prebiotik yang merupakan makanan bagi bakteri menguntungkan dalam pencernaan.

 

Sayangnya, susu kambing murni dan turunannya lebih sulit ditemukan di pasaran. Hal ini dikarenakan produksi susu kambing perah jauh lebih sedikit dibandingkan sapi perah. Maka tidak heran jika susu kambing bisa dijual dengan harga lebih tinggi dibandingkan susu sapi.

 

 

Jika Anda mempertimbangkan untuk mengganti susu yang Anda konsumsi sehari-hari dengan susu kambing, berikut 10 keuntungan minum susu kambing murni dan olahan yang perlu diketahui:

 

1. Sumber asupan protein yang tinggi

Protein merupakan salah satu makanan yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah besar untuk membangun jaringan tubuh, membuat antibodi, dan merupakan sumber energi penting selain lemak dan karbohidrat.

 

Susu kambing lebih kaya protein dibandingkan susu sapi atau susu nabati. Kandungan protein pada susu kambing sebanyak sembilan gram sedangkan pada susu sapi sebanyak 8 gram. Kalau susu nabati, seperti susu kedelai, kandungan proteinnya sekitar 6-7 gram, sedangkan susu almond mengandung 0-1 gram protein.

 

Selain itu susu kambing merupakan pilihan yang baik untuk memenuhi kebutuhan protein harian Anda dan dapat digunakan sebagai pengganti susu sapi. Namun itu juga mengandung sumber protein lain yang meliputi daging, telur, dan kacang-kacangan.

 

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tahukah Anda bahwa susu kambing kaya akan mineral penting untuk sistem kekebalan tubuh? Kandungan mineral selenium pada susu kambing diketahui jauh lebih tinggi dibandingkan susu sapi.

 

Selenium dalam tubuh Anda berfungsi sebagai antioksidan. Ini meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat membantu mengurangi peradangan. Oleh karena itu, kebutuhan selenium untuk kesehatan tidak bisa dianggap remeh.

 

Berkat kandungan selenium pada susu kambing, mampu memperkuat daya tahan tubuh terhadap segala kondisi cuaca dan tingkat olah raga sehari-hari, serta melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Dengan menambahkan segelas susu kambing ke dalam makanan Anda bisa memperkuat tubuh Anda dan menjadikannya lebih sehat.

 

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Banyak orang yang minum susu mengalami gangguan lambung, mulas, dan diare. Meski sehat, tubuh menjadi lemas setelah mengonsumsi susu. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh mencerna laktosa dalam susu akibat alergi susu tertentu.

 

Susu kambing yang masih mengandung laktosa dan tinggi protein diyakini jauh lebih mudah dicerna oleh sistem pencernaan kita dibandingkan susu sapi. Perlu juga dicatat bahwa ada penelitian yang menunjukkan bahwa susu kambing lebih kecil kemungkinannya memicu reaksi terhadap alergen dibandingkan susu sapi. Namun ada baiknya bagi mereka yang memiliki riwayat alergi untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli medis berpengalaman demi keamanan.

 

Prebiotik yang ada pada susu kambing juga membantu menyuplai bakteri baik di dalam saluran pencernaan, sehingga dapat mempertahankan kadar normalnya atau bahkan meningkat untuk membantu metabolisme tubuh.

 

4. Mencegah pengeroposan tulang

Meski bukan hanya kandungan proteinnya, salah satu alasan orang mengonsumsi susu adalah untuk meningkatkan kebutuhan kalsium dalam tubuh. Hal ini disebabkan pentingnya kalsium dalam menjaga kesehatan tulang dalam kondisi baik.

 

Seperti yang Anda lihat dari tabel perbandingan nutrisi 1 cangkir (237 ml) susu kambing mengandung 327 mg kalsium. Setinggi 51 mg lebih banyak dibandingkan kalsium pada susu sapi. Dengan menambahkan susu kambing ke dalam menu makanan dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium pada orang dewasa yang mengonsumsi sekitar 1.000 mg per hari dan anak-anak yang mengonsumsi sekitar 1.300 mg/hari.

 

Pada tahun 2014, sebuah penelitian di Rusia menemukan bahwa pemberian 400ml susu kambing per

 

Setiap harinya, 42 lansia diyakini memberikan efek positif pada metabolisme tulang. Ini juga membantu mencegah osteoporosis bila dikombinasikan dengan terapi.

 

5. Mengurangi risiko penyakit jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan dan mematikan. Untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung, ada beberapa kebiasaan positif yang bisa Anda terapkan mulai dari berolahraga serta memasukkan makanan sehat ke dalam pola makan Anda. Salah satunya adalah dengan menambahkan susu kambing ke dalam pola makan sehat.Susu kambing mengandung asam lemak tak jenuh (tunggal maupun ganda) trigliserida rantai menengah (MCT) yang membantu mencegah berbagai bentuk dan jenis penyakit jantung.

 

Selain itu, kandungan magnesium yang tinggi pada susu kambing dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan detak jantung dan mencegah peningkatan kadar kolesterol sehingga jantung semakin sehat.

 

6. Menjaga kesehatan gigi

Siapa yang tidak menginginkan gigi kuat dan sehat? Untuk mewujudkannya, Anda harus memperhatikan asupan kalsium harian Anda. Meskipun penting untuk kesehatan tulang, kalsium juga dapat membantu pembentukan gigi yang sehat dan kuat.

Dari total penyerapan kalsium oleh tubuh, 99% disimpan di tulang dan gigi. Kalsium digunakan untuk membuat jaringan gigi dan memastikan kesehatan gigi Anda. Jika Anda tidak ingin gigi Anda mudah rusak dan patah, perbanyak konsumsi minuman atau makanan yang kaya akan kalsium.

 

Susu Kambing adalah pilihan yang sangat baik untuk sumber kalsium harian Anda. Jumlah kalsium yang terkandung dalam susu kambing mampu memenuhi 33% kebutuhan nutrisi harian yang direkomendasikan, lebih tinggi dibandingkan susu sapi yang hanya 28 persen.

 

7. Menurunkan kadar kolesterol

Susu kambing kaya akan asam linoleat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Banyak penelitian menemukan bahwa minum susu kambing membantu menurunkan kadar kolesterol di kantong empedu dan arteri.

 

Dengan melakukan hal ini, orang yang menderita kadar kolesterol tinggi dan mereka yang menjaga kadar kolesterol dapat memilih susu yang lebih baik untuk dikonsumsi.

 

Manfaat lain dari penggunaan susu kambing murni, setelah menjaga kadar kolesterol normal adalah pencegahan penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis), serangan jantung dan stroke.

 

8. Menjaga kesehatan dan kehalusan kulit

Anda mungkin sudah familiar dengan berbagai produk perawatan kulit berbahan dasar susu kambing antara lain sabun mandi atau body scrub, lotion, dan masih banyak lagi. Susu kambing yang kaya akan asam lemak, asam laktat, dan vitamin A diduga dapat memberikan nutrisi alami yang baik untuk kesehatan kulit.

 

Jika Anda ingin memiliki kulit mulus, kosmetik berbahan susu kambing adalah pilihan ideal. Kandungan pH pada susu kambing sama dengan kulit manusia sehingga tidak berbahaya bagi kulit dan cocok bagi yang memiliki kulit sensitif.

 

Selain itu asam laktat yang terdapat pada susu kambing memberikan kelembapan maksimal pada kulit sehingga cocok untuk orang yang memiliki kulit kering. Komponen lain seperti Vitamin A dan asam lemak di dalamnya dapat menyembuhkan permukaan kulit dan mengangkat sel kulit mati.

 

9. Meningkatkan penyerapan nutrisi oleh tubuh

Sebuah penelitian pada tahun 2002 mengungkapkan bahwa konsumsi susu kambing dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap nutrisi dari makanan, sehingga lebih efektif.

Hal ini berbanding terbalik dengan susu sapi yang justru menyebabkan masalah penyerapan tembaga dan zat besi dalam tubuh bersamaan dengan makanan lainnya.

 

Jadi bisa dikatakan mengonsumsi makanan dengan segelas susu kambing bisa membuat tubuh menyerap semua nutrisi tanpa membuang semuanya.

 

10. Tidur lebih nyenyak

Apakah Anda kesulitan untuk tertidur? Cobalah minum segelas Susu kambing hangat sebelum memejamkan mata dan tidur.

 

Asam amino triptofan dalam susu kambing mendukung produksi hormon serotonin tubuh. Serotonin merupakan hormon yang penting dalam menjaga kestabilan suasana hati, meningkatkan relaksasi, dan membantu produksi hormon melatonin yang juga dikenal sebagai hormon tidur.

 

Jadi, meminum segelas susu kambing sebelum tidur dipercaya bisa membantu Anda lebih cepat tertidur dan istirahat lebih nyaman.

 

Ini adalah fakta. Keunggulan dari susu kambing murni dan produk olahannya karena banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Kualitas susu kambing yang lebih unggul dibandingkan susu sapi atau susu nabati juga telah dikonfirmasi oleh studi klinis. Mulai dari tingginya kandungan protein, natrium kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium, tidak ada yang bisa mengalahkan susu kambing. Jadi, Anda tidak perlu merasa ragu untuk mengonsumsi keju kambing sebagai pelengkap sehat kebutuhan nutrisi Anda sehari-hari.

 

Beragam manfaat susu kambing murni sangat cocok untuk Anda dan anggota keluarga untuk menjaga kesehatan tubuh secara alami. Tidak hanya memperkuat sistem kekebalan tubuh, namun juga mampu menurunkan risiko berbagai jenis penyakit mematikan, termasuk kolesterol, serangan jantung, dan stroke.

 

Selain menjaga dari dalam, manfaat susu kambing murni juga ada.

dilihat dari luar melalui gigi yang sehat, serta tampilan kulit yang berkilau, lembab dan lembut semakin mempercantik penampilan Anda saat beraktivitas.

 

Meski mencari produk susu kambing murni bukanlah hal yang mudah, namun sudah ada beberapa peternakan terpercaya yang membuat dan menjual produk susu kambing beku, botolan, atau bahkan bubuk dengan harga berbeda-beda.

 

Harga susu kambing yang dijual di pasaran kurang lebih Rp. 44.000-85.000 per 200 gram untuk susu bubuk kambing pur dan Rp. 6,600-10.000 per 200 ml untuk susu kambing beku atau botolan.

 

Jika dilihat dari harga susu kambing dan susu sapi, ternyata bisa lebih mahal. Namun jika mempertimbangkan nilai gizi susu kambing yang juga lebih tinggi dibandingkan susu sapi dan susu vegetarian, besar kemungkinan biaya yang harus dikeluarkan sebanding dengan manfaat kesehatan yang didapat darinya.

 

#susukambing #susu #kambing #susukambingpure #dairy pure #sususegar #manfaatsusukambing #saatnya minum susu #susukambing obat #efeksusukambing #susukambingsachet #khasiatsusukambing #susukambingterbaik #hargasusukambing

Comments

Popular posts from this blog

Pagar Beton Unicon Jawa Tengah: Kombinasi Kekuatan, Kualitas, dan Kemewahan

Desain Estetis dan Inovatif Pagar Beton dan Uditch dari PT Unicon Precast Concrete Jawa Tengah

Kolam Renang Mini Di Halaman Belakang Rumah